SEKILAS INFO
  • 3 tahun yang lalu / Selamat datang di website Pesantren Subulussalam Tulungagung
WAKTU :

Pengajian Kitab Ramadhan Pesantren Subulussalam Tulungagung

Terbit 15 April 2023 | Oleh : redaksi | Kategori : Berita
Pengajian Kitab Ramadhan Pesantren Subulussalam Tulungagung

Penulis: Rifat Md dan Fitri Habibatul Ummah | Editor: Annisa’ Dwi Arrahma

Selain daripada tadarrus Al Quran yang menghiasi keseharian di bulan Ramadhan, pesantren Subulussalam Tulungagung juga mengadakan pengajian kitab Ramadhan. Terdapat 2 kitab yang dikaji yaitu kitab رسالة اهل السنة والجماعة karya Hadrotus Syekh KH Hasyim Asy’ari yang diampu oleh Ust. Miswanuddin, M. Ag. dan kitab عقود اللجين karya Syekh Muhammad bin Umar Nawawi Albantani yang diampu langsung oleh pengasuh pesantren Subulussalam, beliau Ust. Dr. Ahmad Zainal Abidin, M. A. yang akrab dipanggil Abah Zainal.

Jadwal pengajian kitab رسالة اهل السنة والجماعة dikaji pada siang hari ba’da Zuhur sampai menjelang Asar. Sementara kitab عقود اللجين dikaji pada malam ba’da sholat Tarawih hingga pukul 21.00 WIB.

Adapun reason para pengampu kitab mengapa harus kedua kitab tersebut yang dipilih dalam pengajian Ramadhan tahun ini.

Ust. Miswanuddin, M.Ag sebagai pengampu kitab risalatu ahlissunnah wal jama’ah

Pertama, Ust. Miswan yang memilih kitab رسالة اهل السنة والجماعة , karena kitab ini merupakan salah satu kitab yang pernah beliau ikuti ngaji bersama kyai beliau KH. Ihsan Abdul Mu’thi pendiri ponpes Abul Faidl. Ust Miswan sebagai seorang santri memiliki kewajiban untuk Nasyrul Ilmi (menyebarkan ilmu), maka dari itu kitab ini beliau ambil sebagai kajian dalam pengajian Ramadhan ini. Demikian juga tujuan Ust. Miswan mengambil kajian kitab ini berkeinginan memperkuat pemahaman beliau tentang Ahlussunah Wal Jama’ah dan juga kepada para santri Subulussalam agar terjaga dari pemahaman yang menyimpang.

Ust. KH. Dr. Ahmad Zainal Abidin, MA sebagai pengampu kitab Uqudullujain

Kedua, Abah Zainal memilih kitab عقود اللجين untuk dijadikan sebagai kajian kitab pengajian Ramadhan tahun ini, karena ternyata merupakan permintaan dari para santri yang diwakili oleh pengurus putri ketika ditanya Abah terkait keinginan kitab yang dikaji. Para santri menginginkan sebuah pelajaran yang dari pengajian Ramadhan kali ini dan harapannya akan diimplementasikan di kemudian hari, salah satunya tentang pernikahan. Abah merasa kagum dengan permintaan pengurus putri tersebut, maka darinya Abah memilih kitab عقود اللجين , karena menurut beliau kitab ini cocok untuk dipelajari bersama. Kitab ini berisi tentang hak-hak dan kewajiban pasangan suami dan istri dalam satu ikatan pernikahan. Penjelasan dari kitab ini menarik lagi mudah dipahami meskipun ada beberapa kata yang membutuhkan penafsiran yang lebih mendalam atau membutuhkan kontekstualisasi dengan keadaan di zaman sekarang, sehingga mengundang minat para santri untuk mempelajarinya dengan sangat antusias, terbukti dengan presentase kehadiran yang lebih banyak daripada sebelumnya.

Tulungagung, 15 April 2023

SebelumnyaAntara Nuzulul Qur'an dan Lailatul Qadar SesudahnyaPenutupan Ta'lim Ramadhan 1444 H dan Peringatan Nuzulul Quran

Berita Lainnya

0 Komentar